Lauching Patroli Patra Batas Denfan Peragaan Secara Simulasi

  • Whatsapp
LAUCHING Patroli PATRA BATAS dihalaman Upacara Tribrata Makapolres Nunukan Polda Kalimantan Utara.

“Kapolres Launching Unit Patroli Patra Batas dan Gelar Simulasi, Rawan Kriminalitas”.

Nunukan, infobanua.co.id –  Kalimantan utara hari senin 26/04/2021, AKBP.Syaiful Anwar.SIK Jabatan Kapolres Nunukan polda Kalimantan Utara, Secara Resmi Melaksanakan  Launching Unit Patroli Patra Batas selama satu minggu dengan melalui pelatihan digelar dilapangan Upacara Tribrata Mapolres Nunukan.

Upacara Penutupan latihan dan Launching Patra Batas (  Patroli Daerah Rawan Brantas Kriminalitas), dihadiri undangan Dandim Nunukan dan diwakili Danlanal Nunukan, Satgas Yonif 16 Arhanud, Kasat Pol PP dan Pom Nunukan.

Hadir dalam upacara penutupan Pelatihan Patra Batas di Mapolres Nunukan.
1 Pleton Gabungan Perwira.
2.Pleton Staf Polres Nunukan.
1.Pleton Unit Patroli Patra Batas.
1.Pleton Polsek Nunukan.
1.Pleton Polsek Kskp Nunukan dibawa Pimpinan Iptu Alimin.

Upacara pelepasan tanda peserta pelatihan yang di wakil 2 (dua) personil , yakni IPDA Andre Azmi dan Brika Fitri ( Polwan ) yang di lakukan Kapolres Nunukan selaku Inspektur Upacara.

Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar,S.I.K, dalam Sambutannya pada Upacara penutupan dan Launching Patra Batas mengatakan bahwa pembentukan Patroli Patra Batas merupakan penjabaran pasal (13)  Undang Undang No 2 tahun 2002. Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia bahwa peran polri ada tiga Unsur pokok:

1.Harkamtibmas (Pemelihara Kamtibmas), 2.Penegakan hukum,
3.Memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.

Lanjud Syaiful Anwar Kapolres Nunukan bahwa Patroli Patra Batas ini merupakan Bentuk Pemeliharaan Kamtibmas dengan mengedepankan pemberantasan daerah kriminalitas yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Pelatihan unit Patra Batas merupakan Entri Poin (titik masuk)  kesiapan dalam menangani segala bentuk kejahatan kriminalitas ditengah masyarakat.

Kapolres Nunukan berharap bahwa Unit Patra Batas bukan hanya sebagai simbol sebuah kebanggaan satuan, namun harus eksis dan bertindak nyata di lapangan yang dapat menjawab tantangan di masyarakat.

Lanjud Kapolres Nunukan dalam penutupan upacara Unit Patra Batas bahwa
Tim Patras Batas ini akan selalu Siap siaga selama 24 ( dua puluh empat) jam bersinergi dengan operator Respon layanan Call Center 110.

Bahwa apabila ada laporan pengaduan 110 maka Operator akan Segera mengirimkan informasi dan ditindak lanjuti kepada Unit Patra Batas.

Tim Patroli akan di bagi beberapa Unit ada yang bertugas diwaktu Pagi hari, Siang, Sore dan malam hari.

lanjud Kapolres bahwa Lauching pantas Batas selalu siap siaga tidak boleh Lega.

Setelah selesai Penutupan dan Launching Patroli Patra Batas di lanjutkan dengan Peragaan simulasi Oleh Unit Patra Batas Polres Nunukan

Dalam Simulasi yang di gelar di Lapangan Upacara Tribrata Polres Nunukan yang di ikuti sebanyak dua  puluh empat (24) Personil, yang sedang memperagakan kegiatan Patroli Daerah Rawan Kriminalitas yang sedang melakukan Kegiatan patroli Roda Dua (2) dan Roda Empat (4) dilengkapi Senjata Api adanya’ potensi Kriminalitas.

Unit patroli bilamana menemukan Pelaku tindak kejahatan di jalanan.

Maka petugas mengamankan dan memberikan peringatan, apabila sudah berikan teguran dan melawan Petugas maka pelaku harus dilumpuhkan dan diamankan sehingga diamankan untuk ditindaklanjuti untuk proses hukum.

Unit Patroli juga mengamankan Pelaku pencurian bersembunyi di sebuah rumah.

Kemudian Unit Patroli membekuk 4 pelaku kejahatan dalam kegiatan simulasi ditutup dengan peragaan kemahiran menembak di lapangan guna melumpuhkan pelaku tindakan kriminalitas.,” ujar Kapolres nunukan AKBP Syaiful Anwar .SIK kepada Sejumlah Awak Media usai mengelar (Yuspal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *