infobanua.co.id
Beranda KALTARA Disdikbud Kabupaten Nunukan Tidak Ada Jaminan Kepastian Siswa Lulus 100 Persen

Disdikbud Kabupaten Nunukan Tidak Ada Jaminan Kepastian Siswa Lulus 100 Persen

Nunukan, infobanua.co.id – Kaltara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan H.Junaidi SH melalui Kasi Kurikulum Abdul Goni Bahwa penerimaan Pederta Didik Baru atau Penerimaan Siswa Baru tahun ajaran 2021/2022, Masalah penerimaan siswa baru SD maupun SMP.

Menurut Abdul Goni bahwa penerimaan Siswa Baru
Kabupaten Nunukan Insyaallah dilaksanakan tanggal 21 Juni dan tahun ajaran 2021 kelulusan diterima atau tidaknya pengumuman Rencana 12 Juli.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tidak jauh berbeda dengan taun 2020 atau tahun-tahun sebelumnya hanya ada perbedaan sedikit presentase zonasinya kalau SMP zonasinya 50% sampai 80% lalu Afirmasinya sama Sekolah Dasar (SD,) maupun SMP itu 15% perpindahan itu 15 .5% .

Jika Afirmasi prestasi maupun perpindahan tidak mempunyai kuota yang ada itu akan dialihkan ke zonasi.Ujar A.Goni

Pada tahun ini memang untuk mengurai atas peminat sekolah itu terbatas jumlahnya tahun 2021 ini Kabupaten Nunukan melalui dinas pendidikan itu membuka sekolah baru yaitu SMP Negeri 04 Nunukan Selatan dan SD Negeri 06 Nunukan Selatan tahun ini yang rencana memang dibuka tahun ini, sambil menunggu Proses pembangunan gedung yang Rencana SMP Negeri 04 nunukan selatan itu di KPN tidak jauh dari SD.03 Nunukan Selatan.

Untuk sementara pembelajarannya di SD.01 Nunukan Selatan sedangkan SD Negeri.06 nunukan selatan melakukan pembelajaran di SD Negeri 07 Nunukan, itu untuk mengurangi daya tampung sangat terbatas yang terjadi di Nunukan Timur yaitu SD Negeri.04 itu.

Lanjud Abdul Gonib Untuk SMP Negeri.04 itu dari SMP Negeri .01 Nunukan Selatan sehingga dari jumlah lulusan yang ada di Nunukan Selatan maupun SMP itu bisa ter-cover terpenuhi itu langka yang dilakukan pemerintah kabupaten Nunukan Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini untuk mengurangi atas membludaknya jumlah peserta didik baru.

Untuk penerimaannya dimulai tahun ini sementara gedungnya dalam proses pembangunan di tahun depan proses pengajarannya untuk SMP Negeri.04 dilakukan di SD Negeri 01 Nunukan Selatan,

sementara untuk SD Negeri 06 begitu juga demikian menunggu proses pembangunan sementara di SD Negeri 07 nunukan.

Baik untuk tahun ini yang jelas tidak ada lagi ujian nasional akan diganti dengan Asesmen nasional, Ujian Nasional untuk masalah kelulusan itu ada, memang persyaratan pertama itu peserta didik sudah mengikuti pembelajaran selama semester 1 sampai semester 6 ditunjukkan dengan Nilai raport.

Kedua Nilai sikap minimal lain selain itu peserta didik mengikuti ujian yang dilaksanakan oleh sekolah untuk kelulusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) pengumuman kelulusan SD itu tanggal 15 Juni 2021 Sementara Penguman Kelulusan untuk Tingkat SMP tanggal 4 Juni 2021.

sampai sekarang belum ada laporan dari satuan pendidikan berapa persen Kelulusan nanti pastinya itu tanggal 4 untuk SMP tahun tanggal 15 untuk SD, Olehnya itu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Atau siswa baru itu seminggu setelah Pengumuman itu.

Saat jurnalis menanyakan apakah semua siswa SD dan SMP di Nunukan dipastikan Lukus 100 persen?.
Goni Menjawab bahwa Tidak bisa dipastikan kelulusan itu sepenuhnya dari satuan pendidikan masing-masing yang jelas ada program Emang pembelajaran 9 tahun jadi prosesnya sampai sekarang belum laporan ada karena masing-masing satuan pendidikan belum memberikan dan mengumumkan kelulusan baik itu Tingkat SD maupun tingkat SMP.

Saat ini Tim sekolah melakukan Rapat bersama untuk menentukan kelulusan karena berbeda tahun lalu itu masih ada Ujian Nasional sementara tahun ini 2021 Ujian Nasional ditiadakan oleh kementrian pendidikan dan Kebudayaan.

Lanjud Goni bahwa Semua sekolah sudah melakukan Rapat bersama mengenai kelulusan siswa tetapi jika memang peserta didik tidak mengikuti 3 poin yang tadi maka dia pasti tidak akan lolos.

Untuk tahun lalu memang tidak ada ada yang tidak lolos semua 100% lulus tapi untuk tahun ini kita tidak bisa menjamin itu karena mungkin dia mempunyai nilai sampai semester 5 lalu di semester terakhir dia mengundurkan diri Kan kita tidak tahu ujar A.Goni

Lanjud Abdul Goni Sebagai Kasih Kurikulum Disdikbud Nunukan.

Disdikbud mengharapkan Semoga Semua 100% anak-anak kita lulus baik satuan Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menegah Pertama (SMP) di bawah Naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Nunukan.

Harapan kami dalam proses atau PPDB orang tua yang mengikuti aturan yang sudah dikeluarkan oleh masing-masing satuan pendidikan proses pendaftaran baik online maupun offline dan ikuti ada yang ada dan Jika ada hal yang misalkan sekolah itu terbatas kuota pendaftarnya.

Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan memberikan solusi jangan sampai tahun ini karena proses PPDB nya anak tidak sekolah atau putus sekolah tapi dari data yang ada itu sudah bisa dipenuhi jika orang tua itu juga mau masuk di sekolah swasta karena memang sekolah di Nunukan juga terbatas.

Jangan menjadi alasan anak untuk tidak sekolah karena tidak diterima di negeri yang diharapkan walaupun sudah ada peluang-peluang di sekolah lain yang swasta.

Saya memahami orang tua anaknya bisa sekolah yang dianggap favorit padahal tujuan zonasi itu adalah pemerataan pdalam kedepannya jadi tidak ada istilah favorit ujar Abdul Goni kepada wartawan saat dijumpai diruanganya (Yuspal)

Bagikan:

Iklan