M Ramadhoni dan Ridha Rahmatina Pasangan Putra Putri Duta Genre Berencana Tahun 2021

  • Whatsapp

Amuntai. infobanua.co.id – Muhammad Ramadhoni dan Ridha Rahmatina berhasil dinobatkan sebagai pasangan Putra Putri Duta Genre berencana tahun 2021, dalam Grand Final yang digelar di GOR Pangeran Suryanata. Sabtu (26/6/2021)

Keduanya berhasil terpilih setelah mengungguli pasangan Rizal Azmi dan Lisa yang menempati juara ke dua, usai memasuki grand final 5 besar Putra dan Putri Duta Genre Berencana tahun 2021

Adapun juara ke tiga diraih pasangan Hapie Rahim dan Anisa Salsabila, juara ke empat diraih Maula bersama Imilda Safitri, dan juara ke lima diraih oleh pasangan Yahya dan Hervina Indah Putri.

Disamping lima besar, pada grand final Duta genre kali ini juga dipilih juara favorit, yang diraih oleh Jauharatul Mahbubah.

Sedangkan pada kategori juara atribut berbakat diraih oleh pasangan Sulaiman dan Farida Hasna, kategori Intelegensia diraih Khairian Maulana dan Mariyam, kategori Inovator diraih Syamsul Mu’arif dan Selvia Islamy Mantasya, serta kategori persahabatan diraih oleh pasangan Muhammad Nazarudin dan Arni Armita.

Hj Anisah Rasyidah Wahid selaku Kepala Dinas Pengendali Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berharap para remaja Duta Genteng benar-benar menjadi rol model bagi teman sebaya dalam mengindari Triad Kesehatan, Reproduksi Remaja (KRR) dan merencanakan hidup secara terencana dalam kehidupan sehari-hari karena faktor pertemanan sangat berpengaruh terhadap perilaku remaja.

“Oleh karena itu, kita harus menciptakan lingkungan pergaulan yang positif guna membangun remaja yang berkualitas” Harapnya

Di tangan para remaja inilah, Lanjutnya amanah program pemerintah, program Bangga Kencang BKKBN dapat dijalankan apalagi saat ini dihadapkan pada era Bonus demografi yakni komposisi penduduk yang didominasi oleh usia produktif 15 sampai 64 tahun.

“Tentu bonus demografi ini dapat digunakan untuk mendorong pembangunan jika kualitas sumber daya manusia di bangun dengan baik, terutama pada upaya kita dalam program generasi berencana (Gente)ini” Imbuhnya.

Sementara itu, Elya Rahmawati selaku Koordinator Bidang Keluarga Berencana dan Pemberdayaan keluarga BKKBN Kalsel
dalam arahannya berpesan kepada Duta Genre yang nantinya sebagai generasi penerus bangsa tidak hanya secara cerdas secara intelektual, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang baik.

Oleh karena itu, ia berharap baik yang menjadi juara 1, atau 2 dan semuanya untuk meningkatkan pengetahuannya untuk lebih dalam

“Lebih lanjut, harapan kami adek-adek disini selanjutnya akan ikut berkompetensi di tingkat provinsi Kalimantan Selatan sehingga kami berharap untuk meningkatkan pengetahuan yang lebih banyak lagi, kembali belajar dan menggali kembali pengetahuan baik tentang Kesehatan Reproduksi, fungsi keluarga dan soal stunting” Pesannya

Sebelumnya, sebanyak 20 finalis yang terdiri 10 putra dan 10 putri dari berbagai perwakilan kecamatan di HSU telah menjalani tahap karantina dari 23-25 Juni 2021. Disamping itu mereka juga telah menjalani serangkaian kegiatan hingga penilaian oleh dewan juri untuk menjadi model generasi terencana sekaligus mendapatkan gelar terbaik dalam ajak yang digelar tiap tahun ini.

Fai/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *