Dinas Kesehatan HSU Gelar Khitanan Massal

  • Whatsapp

Amuntai, infobanua.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bekerjasama dengan beberapa puskesmas yang ada di HSU melaksanakan Khitanan Massal, Kamis (1/7/2021)

 

Salah satu yang melaksanakan khitanan massal adalah UPT Puskesmas Alabio yang melaksanakan khitanan massal sebanyak 70 anak.

 

Hal itu disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Alabio, Norsalihah, kegiatan yang berkerja sama dengan Dinas Kesehatan HSU sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui masing-masing desa untuk mendapatkan layananan khitan gratis.

 

“Untuk target sebanyak 70 anak akan dikhitan dipuskesmas alabio dan kemaren yang terdaftar sudah 64 orang, kemudian untuk pemberitahuan sudah beritahukan atau bisa melakukan pendaftaran sekitar 10 hari yang lalu melalui kepala desa atau bidan desa setempat,” ucapnya.

 

Ia juga menambahkan, setelah dilaksanakannya khitanan massal ini, dirinya beserta tenaga kesehatan yang ada di puskesmas alabio tetap melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang menerima layananan khitan massal jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

“Dalam hal ini kami juga tetap melakukan pemantauan pasca dikhitan, sebelum pulang dari puskesmas kami berikan obat-obatan dan juga arahan kepada masyarakat,” ujarnya.

 

Ia juga menjelaskan, kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, sedangkan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan layananan khitan gratis tahun ini masyarakat cukup menyertakan 2 lembar kartu keluarga.

 

“Berhubung ini adalah kegiatan khitan massal gratis, semoga setiap tahunnya dapat terlaksana, selain puskesmas kami semoga puskesmas yang lain juga bisa mengadakan sehingga ruang lingkupnya lebih besar,” harapnya.

 

Pelaksanaan kegiatan khitan massal ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Fai/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *