infobanua.co.id
Beranda KALTARA Tidak Semua Sekolah Ditunjuk Sebagai Sekolah Pengerak Harus Melalui Seleksi Yang Ketat

Tidak Semua Sekolah Ditunjuk Sebagai Sekolah Pengerak Harus Melalui Seleksi Yang Ketat

Nunukan, infobanua.co.id – Pemerintah Daerah kabupaten nunukan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Telah sukses melaksanakan beberapa Program salah satunya Melaksanakan Pelatihan Sekolah Penggerak pada jumat 30/07/2021

Menurut Muhyiddin S.Pd Kepala Sekolah SD.001 Nunukan Selatan telah menjelaskan Bahwa untuk program sekolah penggerak ini adalah merupakan program unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah kepemimpinan menteri Nadiem Makarim.

Salah satu Peran Penting “Sekolah Penggerak”, adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tujuannya program Sekolah penggerak ini adalah.

Program Sekolah Penggerak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Kedua untuk meningkatkan proses mutu dan proses pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik.

ketiga untuk mengembangkan sumber daya manusia yang ada di satuan pendidikan.

Ke Empat untuk digitalisasi sekolah supaya bisa terhubung secara virtual atau online untuk program-program sekolah.

Mengenai SD.001 Nunukan Selatan yang yerpilih dan di Tetapkan oleh Dirjen Gtk selaku pelaksana untuk program sekolah penggerak di Kabupaten Nunukan itu melalui seleksi yang sangat ketat yang dilakukan oleh Kementrian pendidikan dan kebudayaan dan hasil seleksi itu bahwa SD.001 Nunukan Selatan layak melaksanakan program sekolah penggerak ini untuk tahap awal.

Lanjud Muhiyiddin bahwa ada 13 sekolah di Kabupaten Nunukan dan salah satunya adalah Sekolah Dasar Negeri (SD.001) Nunukan Selatan yang terpilih.

Lanjud Muhyiddin S.Pd bahwa kami sangat termotivasi dalam mengikuti program ini Tujuannya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di SD.001 Nunukan Selatan khususnya dan Nunukan pada umumnya.

Melalui Program yang diluncurkan oleh kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kami menganggap bahwa program ini merupakan suatu kesempatan juga merupakan peluang dan Tantangan untuk kita dapat mengembangkan Sekolah menuju ke sekolah yang berkualitas.

Selanjutnya bahwa Sekolah tersebut itu dibina langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru.

Kami dari Komite pembelajaran yang terdiri dari pengawas kepala sekolah, guru kelas maupun guru mata pelajaran diberikan pendidikan dan pelatihan untuk pelaksanaan kurikulum itu selama 10 hari melalui Mode Daring yang dibina langsung oleh P4TK Bahasa dibawahi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil dari Diklat itu di implementasikan ke rekan-rekan di internal sekolah yang menjadi sasaran Pada pelaksanaan program sekolah penggerak ini untuk tahap pertama di tahun 2021.

Jadi In Hause Training ( IHT ) ini sasarannya adalah guru yang mengajar di kelas 1 dan kelas 4 Oleh karena itu untuk pelaksanaan di tahun pelajaran 2021- 2022 itu hanya terbatas pada kelas 1 dan kelas 4, ini akan berkelanjutan nanti untuk di kelas yang berbeda.

In House Training mulai dilaksanakan dan berlangsung sejak tanggal 21 sampai tanggal 29 Juli tahun 2021 kemarin baru penutupan yaitu dengan guru sasaran sebanyak 10 orang Guru dan 2 orang Guru di kelas 1 serta 2 orang Guru di kelas 4, 2 orang guru di pendidikan agama Islam, 1 orang guru Pendidikan Agama Katolik, 1 orang guru Pendidikan Agama Kristen dan 2 orang guru PJOK jumlahnya 10 orang.

Dengan Narasumber internal yang sudah di latih di Diklatkan melalui komite pembelajar tadi sebanyak 4 orang narasumber.q

Pelaksanaannya kita awalnya rencanakan itu dengan mudah during atau tatap muka antara narasumber dengan peserta IHT akan tetapi kebijakan dari pemerintah untuk kita di Kabupaten Nunukan terutama untuk Pulau Nunukan Sebatik itu ditetapkan sebagai PPKM level 4 sehingga seluruh kegiatan kita alihkan menjadi virtual atau dengan moda daring. ujar Muhyidin kepala Sekolah.001 Kecamatan Nunukan Selatan.

jadi dalam pelaksanaannya kami laksanakan dengan kombinasi,di hari pertama sampai hari ke empat (4) itu dengan moda luring.

Sementara pada hari berikutnya hari ke-5 sampai hari kedelapan itu dilaksanakan dengan moda daring Ujar Muhyiddin S.Pd kepada wartawan .(yuspal)

Bagikan:

Iklan