infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Ekowisata Swargaloka Konservasi Lahan Gambut Menjadi Pemanfaatan Ekonomis Masyarakat

Ekowisata Swargaloka Konservasi Lahan Gambut Menjadi Pemanfaatan Ekonomis Masyarakat

Amuntai, infobanua.co.id – Dalam rangkaian kegiatan gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana Pj. Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan beserta Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan bersama rombongan yang didampingi langsung oleh Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Ketua PKK HSU serta SKPD terkait sambangi Ekowisata Swargaloka (Susur Awang Rawa Gambut dan Lokasi Kerajinan) di Desa Pulantani, Kecamatan Haur Gading, Sabtu (7/8/2021)

 

Pj. Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Syafrizal ZA mengungkapkan, Ekowisata Swargaloka adalah program bagaimana mengkonservasi lahan gambut atau rawa menjadi pemanfaatan secara ekonomis bagi masyarakat.

 

“Rawa gambut ini adalah khas HSU, oleh karenanya jangan dialih fungsikan karena sangat bermanfaat sebagai penahan air dan juga harus terus dikembangkan, susur sungai ini eksentrik dan inovasi yang biasanya kita susur sungai sedangkan ini susur awang, ini unik dan saya belum pernah mendengar ditempat lain,” ungkapnya.

 

Ia menambahkan setiap tahunnya perlu ditingkatkan dengan diadakannya event-event serta inovasi tambahan sehingga memperkenalkan bagaimana cara menjaga rawa gambut agar tetap eksis serta tetap terlindungi dan bisa juga dirasakan manfaat ekonominya.

 

“Dengan adanya rawa gambut ini bisa dimanfaatkan baik dari segi wisata, bagi sarana transportasi dan bagi para pengrajin anyaman purun sehingga mudah mendapatkan bahan baku yang tidak terbatas,” ucap syafrizal.

 

Lebih lanjut ia berharap pemanfataan lahan rawa gambut salah satunya ekowisata swargaloka ini dapat konsisten yang dibantu oleh Pemerintah Daerah dan Provinsi yang nantinya akan memberikan program konservasi rawa gambut ini.

 

“Jangan lupa beritahukan kepada publik, beritahukan dunia luas bahwa disini ada surga kecil yang namanya swargaloka agar masyarakat juga bisa menikmati kekayaan sungai amazon dan susur awang yang jarang terdengar,” harapnya.

 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon secara simbolis dalam rangka memperingati HUT KNPI bersama Forum Komunitas Hijau dan sebelumnya dilaksanakan penyerahan bantuan tas siaga bencana kepada desa rawan bencana, bahan makanan bergizi untuk ibu hamil dan balita dalam rangka pencegahan stunting serta penyerahan sembako kepada lansia, disabilitas dan masyarakat yang terdampak covid-19 dimess nagara dipa.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan