infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Pemkab HSU Gelar Silaturahmi Jelang Bulan Suci Ramadhan

Pemkab HSU Gelar Silaturahmi Jelang Bulan Suci Ramadhan

Amuntai, infobanua.co.id –Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar silaturahmi menjelang ramadhan dengan ulama  se-Kabupaten HSU yang digelar di Mess Nagara Dipa. Senin (28/3/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSU Husairi Abdi dalam kesempatannya mengharapkan dengan adanya silaturahmi menjelang ramadhan dengan ulama se-Kabupaten HSU ini dapat memberikan suasana yang kondusif, aman, damai dan tentram.

“Berkaitan dengan menyambut bulan suci ramadhan ini, dari ratusan tempat ibadah yang sebagian besar memiliki jadwal untuk memberikan tausiah atau pembelajaran keagamaan ditengah masyarakat, tentunya diharapkan dapat memelihara kondisi yang ada ini semoga apa yang disampaikan oleh ulama dapat memberikan keyakinan, menambah keimanan, keilmuan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSU KH Said Masrawan mengakui saat ini pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Agama terkait memasuki awal bulan suci ramadhan.

“Sesuai fatwa MUI Nomer 2 tahun 2004 bahwa kewenangan mengumumkan awal ramadhan ada ditangan kementerian agama, nanti akan ada sidang isbat tanggal 1 April, apakah tanggal 2 April akan ramadhan atau belum itu nanti akan diumumkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat Kementerian Agama merujuk kepada imkan rukyat yang baru disepakati pada tahun 2021 oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura) yang sepakat bahwa kriteria imkan rukyat dinaikan dari 2 derajat menjadi 3 derajat.

“Dalam beberapa acuan atau literatur bahwa malam sabtu (1/4) itu hilal cuman 2 derajat jadi sepertinya tidak akan terlihat, apalagi merujuk kepada kriteria imkan rukyat yang baru disepakati pada tahun 2021 oleh MABIMS yang sepakat bahwa kriteria imkan rukyat dinaikan dari 2 derajat menjadi 3 derajat, dan menteri agama telah menegaskan akan mengikuti pada kesepakatan tersebut, dari situ memperkuat kemungkinan bulan ramadhan akan jatuh pada hari minggu (3/4),” jelasnya.

Pada silaturahmi ini juga turut dihadiri Kepala Kantor Kemenag HSU, Sekretaris Daerah HSU serta Ketua DPRD HSU.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan