AMUNTAI, infobanua.co.id – Ratusan siswa siswi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti praktik pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), di Amuntai, Kamis (8/12/2022).

Kegiatatan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 7-9 Desember 2022 itu, Disdikbud HSU menggandeng Dinas Komunikasi Informatika Persandian (Diskominfosandi) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai narasumber pelatihan jurnalistik.

Kepala Bidang Pembinaan SMP, Didi Kasuma Ahyani mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik ini agar para siswa lebih mengenal seputar profesi seorang jurnalis.

Para peserta latihan akan diberikan materi dan praktik tentang ilmu-ilmu dasar jurnalistik seperti cara penulisan berita yang baik dan benar, hingga teknik fotografi ataupun videografi sebagai dasar kewartawanan.

Ahyani menjelaskan, para peserta pelatihan akan dibagi menjadi kebeberapa tim. Yang bertujuan agar topik atau angle berita didapat berbeda sesuai sudut pandang peristiwa dilaporkan..

Adapun menjadi titik lokasi praktik peserta pelatihan jurnalistik diantara, SMPN 2 Amuntai, SMAN 1, SMKN 2 dan Candi Agung.

“Nanti mereka akan mewawancarai (narasumber), terserah topik yang ingin diangkat seperti pencapaian prestasi ataupun tentang ekskul sekolah,” pungkasnya.

Disisi lain, Staf Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfosandi HSU, Khairullah mengatakan pelatihan jurnalistik kali ini membahas cara membuat konten pemberitaan baik video serta foto menggunakan kamera.

Tidak sekedar cara membuat konten, mereka juga diajarkan cara format penulisan berita yang benar.

Dalam kesempatan itu, peserta pelatihan juga diberi pembekalan cara etika melakukan wawacara yang baik dengan narasumber seperti, memperkenalkan diri dan mengetahui waktu yang tepat untuk wawancara.

“Harapan kami tentu para siswa yang mengikuti pelatihan ini bisa mengenal lebih jauh tentang dunia jurnalistik serta bisa menerapkan ilmu yang didapat untuk di sekolah mereka masing-masing,” tutupnya.

Fai/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *