infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA DPMPTSP Naker HSU Gelar Sosialisasi Pembuatan AK-I

DPMPTSP Naker HSU Gelar Sosialisasi Pembuatan AK-I

Amuntai, infobanua.co.id – Sosialisasi pembuatan AK-I (kartu kuning/kartu pencari kerja) dengan tema penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja yang di dilaksanakan oleh Dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu dan tenaga kerja (DPMPTSP Naker) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang bertempat di Aula tunas banua SMKN 2 Amuntai, Selasa (14/6/2022).

Kepala DPMPTSP Naker yang di wakili oleh Mislena Marangkir, S.AP selaku pejabat fungsional pengantar kerja mengatakan pada kesempatan ini kami membawa tim dari bidang Naker untuk memudahkan siswa-siswi dalam pembuatan kartu pencari kerja ini. kami memberikan kemudahan untuk bisa membuatnya AK-I di tempat sosialisasi ini.

Dalam sambutan nya Mislena juga menambahkan syarat mendapatkan kartu pencari kerja yaitu mengisi formulir AK-I yang telah di sediakan, menyerahkan pasfoto 3×4 cm 2(dua) lembar, menyerahkan fotocopy KTP 1(satu) lembar dan menyerahkan fotocopy ijazah SD sampai terakhir masing-masing 1(satu) lembar serta menunjukkan ijazah aslinya.

Kepala Sekolah SMKN 2 Amuntai yang di wakili oleh Norhatinah, S.Pd selaku Kepala tenaga administrasi (TU) mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya  kepada DPMPTSP Naker beserta tim bidang Naker telah memberikan sosialisasi pembuatan AK-I bagi pencari kerja khususnya bagi siswa – siswi yang sudah menyelesaikan Sekolah di SMKN 2 ini.

“Kalian yang sudah menyelesaikan dan menamatkan pada Sekolah SMKN 2 ini hendaknya menekuni, mempelajari, dan menanyakan sosialisasi serta materi apa yang di sampaikan oleh narasumber agar nantinya ada bekal bagi kalian untuk mencapai dunia kerja secara maksimal”. katanya

Adi Lesmana, Sos, M.SI selaku kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian sekaligus sabagai Narasumber mengatakan jaman sekarang dalam pencari pekerjaan persaingan sudah sangat ketat, lowongan sangat sedikit tetapi tenaga kerja yang ada itu sangat banyak.

Untuk dapat pekerjaan yang di inginkan harus mempunyai kemampuan atau keterampilan penting yaitu kemampuan berkomunikasi, berpikir kreatif dan kritis, manajemen dan sosial.

Kemampuan berkomunikasi merupakan interaksi untuk mengekspresikan pemikiran untuk mendapatkan pengertian orang lain, kemampuan berpikir kreatif dan kritis sangat di perlukan oleh perusahaan yang memerlukan adanya karyawan nya yang kreatif dan kritis, kemampuan manajemen akan terlihat bagaimana cara mengelola secara tertata dengan baik mulai membuat perencanaan, mengorganisasi dan mengendalikan manajemen dan kemampuan bersosialisasi harus di kembangkan dalam satu kelompok kerja atau tim.

Adi Lesmana juga menambahkan tips mencari pekerjaan yakni pilih kerja sesuai dengan keahlian, perluas jaringan, cari lowongan pekerjaan online, pastikan data di CV sudah lengkap, buat CV yang menarik dan buat surat lamaran dengan benar.

Tips wawancara yakni berpakaian sopan dan rapi, tidak panik, perhatikan etika, jangan lupa untuk senyum, sikap tegas saat menjawab pertanyaan dan jangan pusingkan hasil yang di dapat.

“Kami berharap siswa – siswi siap untuk bergelut di dunia usaha, dunia perindustrian dan pencari kerja semoga kalian sukses nanti di masa depan mendatang”.harap norhatinah.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan