infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA 50 Kades di HSU Hadiri Sosialisasi TGM dan IPLM

50 Kades di HSU Hadiri Sosialisasi TGM dan IPLM

Amuntai, infobanua.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) HSU, melaksanakan Sosialisasi Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan Indek Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM)

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin  (28/112022) tersebut,  bertempat di Aula Dipersip HSU lt.3, dengan dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispersip, Plt Kepala Dinas PMD HSU dan sebanyak 50 Kepala Desa yang ada di Kabupaten HSU.

Dalam laporannya ketua panitia pelaksana kegiatan Ahmad Farid Wajidi, S.Sos ,M.AP mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah

Menjadikan perpustakaan sebagai bahan rujukan ilmu pengetahuan dan informasi serta pelaporan perpustakaan ditempat kumpulnya milenial yang intelektual.

Mempromosikan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran menggali informasi dan tempat edukasi yang nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Pengelolaan pembudayaan kegemaran membaca sesuai dengan target nasional yaitu indonesia cerdas mengarah kemilineal maupun pemuda Kabupaten HSU yang kreatif dan edukasi serta bersaing melalui dunia  keperindustrian.

Sementara dalam sambutannya, Plt Kepala Dispersip HSU H. Karyanadi, S.Pd,M.AP mengatakan, tingkat kegemaran masyarakat kita dikabupaten HSU perlahan akan kita rubah dari biasanya memegang hp jadi memegang buku.

“Generasi yang saat ini sudah terlanjur memanfaatkan kemajuan tekhnologi yang tanpa adanya saringan perlu kita ubah, perlu kita kembalikan nilai moral mereka.” Ucapnnya

Dikesempatannya Karyanadi juga meminta panduan dari DPMD HSU untuk mencoba membuatkan anggaran buku-buku bacaan, buku-buku pendidikan, buku-buku moral yang dapat mengubah  etika pergaulan anak-anak kita untuk kemaslahatan dimasa yang akan datang

“kalau bukan sekarang kapan lagi kita akan berbuat.” Katanya

Lebih lanjut, karyanadi berharap kepada kepala desa agar berkenan menyiapkan pojok baca disetiap kantor desa.

“Kepada para kepala desa untuk mengganggarkan dana desanya untuk membangun perpustakaan desa minimal pojok-pojok baca yang ada dikantor desanya.” demikian pintanya.

Sementara itu, Plt Kepala DMPD HSU yang diwakili oleh.Doni Sofyan Firdaus, S.Sos,M.AP selaku narasumber  menjelaskan sistem keuangan desa bahwa kegiatan perpustakaan desa boleh menganggarkan dana desanya melalui anggaran peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) warga desa,

 

“Mudah-mudahan bapak ibu bisa  menggunakan dana desa sebaik mungkin, sesuai keperluan dan kebutuhannya, jangan sampai mengada-ada  harus sesuai dengan petunjuk dan arahan serta aturan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan permasalahan. dikemudian hari demi kemajuan warga desanya,” harapnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan