infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Arahan Mendagri, Pj Bupati HSU Miliki Pijakan Melaksanakan Tugas Tahun 2023

Arahan Mendagri, Pj Bupati HSU Miliki Pijakan Melaksanakan Tugas Tahun 2023

Amuntai, infobanua.co.id – Arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian terkait Evaluasi Kinerja Penjabat (Pj) Kepala Daerah. Mendapat respon positif Pj. Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah, M. Pd, Selasa (31/1) tadi. Malahan menurutnya hasil penilaian atau evaluasi ini bisa menjadi pijakan baginya untuk melangkah di tahun 2023 ini.

Suria pun bertekad untuk terus meningkatkan sinergitas dengan sejumlah pihak. Bahkan ingin melakukan kolaborasi tim kerja seperti SKPD, Forkopimda, Camat, Lurah dan Kepala Desa, TP PKK dan jajaran lainnya.

“Tiada lain untuk memberikan hasil yang terbaik untuk daerah dan masyarakat,” tuturnya.

Sejak menduduki Kepala Daerah atau Bupati HSU hingga sekarang, Suria mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pemerintahannya. Ia menilai seluruh jajaran di pemkab HSU telah menunjang kinerja selaku kepala daerah.

“Saya berharap semoga pencapaian ini dapat terus ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Suria juga mengaku mendapat pesan khusus Mendagri yang mengingatkan kembali arahan Presiden RI Joko Widodo. Arahan ini menurutnya disampaikan pada Rakornas Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia tahun 2023.

Ada beberapa point penting yang disebutkan Pak Menteri, di antaranya mengendalikan inflasi pantau langsung harga di lapangan dan hati-hati dalam mengatur tarif (PDAM, angkutan Umum). Turunkan kemiskinan ekstrem sampai target 0 persen pada 2024. Dorong daerah untuk turunkan stunting di bawah 14 persen di tahun 2024.

Lanjutnya lagi, Segera selesaikan dua masalah besar investasi yakni Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) dan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Maksimalkan pengelolaan keuangan daerah dengan bangun Dana Abadi dan pastikan APBD dibelanjakan untuk produk-produk buatan dalam negeri.

Selanjutnya susun rencana induk (masterplan) penataan kota dan juga penajaman yang memiliki visi dan dapat menunjukan keunggulan dan keunikan dari setiap daerah. Jaga stabilitas politik dan keamanan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Serta Jamin kebebasan beragama, jangan sampai konstitusi kalah oleh kesepakatan.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan