infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Desa Padang Darat Kecamatan Amuntai Selatan Terpilih Menjadi Perwakilan Lomba Desa

Desa Padang Darat Kecamatan Amuntai Selatan Terpilih Menjadi Perwakilan Lomba Desa

Desa Padang Darat Kecamatan Amuntai Selatan terpilih menjadi perwakilan lomba desa tingkat kabupaten Hulu Sungai Utara

Amuntai, infobanua.co.id – Desa Padang Darat Kecamatan Amuntai Selatan terpilih menjadi perwakilan lomba desa tingkat kabupaten Hulu Sungai Utara, Rabu (3/5/2023).

Lomba desa ini di ikuti 10 desa, masing – masing satu kecamatan satu perwakilan yang merupakan juara lomba desa tingkat kecamatan.

lomba ini juga merupakan bentuk apresiasi terhadap desa – desa yang berprestasi untuk nanti mewakili lomba tingkat kab. HSU di tingkat Provinsi Kalsel.

Sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Rijali Hadi mengatakan berdasarkan peraturan menteri dalam negeri no 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa ada tiga bidang penilai yaitu bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Melakukan Evaluasi terhadap kinerja pemerintahan desa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan”. katanya

Ia juga menambahkan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dan berjenjang, dimulai penilai lomba tingkat kecamatan, tingkat kab. selanjutnya tingkat provinsi.

“Saya berharap dengan kegiatan ini bertujuan melakukan evaluasi penilaian terhadap pelaksanaan kinerja pemerintah Desa dalam kurun waktu satu tahun”. harapnya.

Sambutan Kepala Desa Padang Darat Rahmat mengatakan Alhamdulillah Desa Padang Darat mewakili Kecamatan Amuntai Selatan dalam lomba Desa tingkat Kabupaten HSU Tahun 2023.

“Dengan adanya lomba desa ini secara tidak langsung, pemerintah Desa kami lebih proaktif di dalam melengkapi administrasi dan pelayanan di desa”. katanya.

Sementara Sambutan Camat Amuntai Selatan Jumaidi mengatakan pelaksanaan lomba Desa adalah untuk memperoleh desa dengan kinerja terbaik untuk dijadikan percontohan (labsite) dalam upaya mengakselerasi pemerataan pembangunan, sekaligus untuk meningkatkan motivasi dalam pengembangan dan penerapan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Ia menunjuk Desa Padang Darat agar adanya pemerataan di dalam pengelolaan desa yang jauh dari pemerintahan Daerah sehingga pengelolaan desa di wilayah terpencil menjadi unggul dalam administrasi dan pelayanan desa.

“Saya berharap melalui kegiatan lomba desa ini, segala kekurangan yang ada di desa secara bertahap akan di penuhi”. harapnya.

Selain DPMD selaku leading sector penilaian lomba desa ini juga di bantu tim penilai dari SKPD terkait yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Bagian Hukum dan Tim penggerak PKK Kab. HSU.

IB

Bagikan:

Iklan