Categories: Kotawaringin Timur

Pemerintah Daerah Terus Antisipasi Peningkatan Inflasi Sampai Akhir Tahun

Sampit, infobanua.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, terus menerus mengantisipasi peningkatan inflasi beberapa bulan ke depan, hingga akhir tahun pada momen-momen yang berpotensi terjadi lonjakan inflasi.

Bupati Kotim, Halikinnor memprediksi tingkat inflasi yang terjadi di kota Sampit akan mengalami kenaikan jelang akhir tahun, sampai memasuki tahun baru mendatang.

“Kemungkinan inflasi akan kembali meningkat, karena ada dua momen besar di bulan Desember yang pertama pelaksanaan hari raya keagaaman Natal dan tahun baru 2024,” ujarnya.

Dimana pada saat itu menurutnya daya beli masyarakat untuk menghadapi dua momen kegiatan tersebut diprediksi meningkat dari bulan-bulan sebelumnya. Sejumlah faktor pemicu peningkatan inflasi yaitu meningkatnya permintaan barang seperti saat hari besar keagamaan, tahun ajaran baru, serta akibat psikologis masyarakat. Penurunan jumlah penawaran yang disebabkan berkurangnya hasil panen, akibat faktor cauaca seperti saat ini, juga mempengaruhi transportasi sehingga berdampak pada stok.

Faktor lainnya yang menjadi pemicu inflasi yaitu terhambatnya distribusi barang akibat kendala infrastruktur. Selain itu bisa juga akibat dampak kebijakan pemerintah seperti kenaikan listrik, cukai rokok dan lain-lain. Untuk itu dirinya meminta instansi terkait dapat bekerja keras hingga awal tahun untuk menjaga angka inflasi tersebut.

“ Jadi sejak jauh-jauh hari harus di antisipasi, menjelang akhir tahun ini momen apa saja yang berpotensi terjadi peningkatan inflasi harus sudah dipersiapkan, ” tegasnya.

Zainal.

infobanua

Recent Posts

Bupati Pessel Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024

Pesisir Selatan, infobanua.co.id-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024…

29 menit ago

Terima Dana Hibah Koni Pessel Siap majukan Olahraga di Pessel

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI), Kabupaten Pesisir Selatan mendapatkan kucuran…

34 menit ago

Bupati Rusma Yul Anwar Lepas 143 Orang Jemaah Haji di Pessel

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar secara resmi…

44 menit ago

Nama Tokoh Masyarakat H. Bistamam di Catut dalam Berita, INPEST : Terlalu Mengada – ada

infobanua.co.id, Rohil - Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM) yang menamakan dirinya Lembaga Independen Pembawa Suara…

48 menit ago

Pemkab Sambut Baik Ranperda KLA di Setujui DPRD

Sampit, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menyambut baik dengan rancangan peraturan daerah kabupaten kotawaringin…

52 menit ago

Sejumlah Kelompok Tani di Sotek Komitmen Atas Menjaga Keamanan Program Strategis Nasional Pemindahan IKN

PENAJAM, infobanua.co.id - Kepolisian Resor (Polres) wilayah hukum Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan pertemuan…

3 jam ago