infobanua.co.id
Beranda KALTARA H.JUNAIDI KADISDIKBUD KABUPATEN NUNUKAN SUKSES MERUBA STATUS SEKOLAH FILIAL MENJADI SEKOLAH NEGERI

H.JUNAIDI KADISDIKBUD KABUPATEN NUNUKAN SUKSES MERUBA STATUS SEKOLAH FILIAL MENJADI SEKOLAH NEGERI

Nunukan – H.Junaidi SH kepala dnas Pedidikan dan Kebudayan kabupaten nunukan banyak memberikan warna bagi dunia pendidikan bahkan Rutinitas melakukan kunjungan ke wilayah perbatasan melihat langsung kondisi sarana prasaranan maupun perkembangan sumberdaya manusia bagi anak didik Maupun para pendidik.

Setiap ada laporan masyarakat beliau langsung menindak lanjuti tidak perlu menunggu perintah Atasan karena ini merupakan tanggung jawab.

Terkait dengan sekolah Filial salah satu sekolah swasta yang di Resmikan oleh bupati Menjadi sekolah sekolah negeri.

H.Junaidi SH.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan didampingi Hendri S.Pd, Kasi kelembagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan.

Menjelaskan kepada Wartawan bahwa Berkaitan dengan izin pendirian perubahan sekolah untuk pen Negerian Perubahan status melalui Dinas Pendidikan,
memang sudah kita melakukan pengkajian langka dan tahapan sudah kita lalui dari proses awal kita akan mengidentifikasi beberapa sekolah yang selama ini sudah berdiri sejak lama di wilayah Kabupaten Nunukan.

Awal mulanya statusnya itu sekolah filial dan berdasarkan Permendikbud Nomor 36 tahun 2014 ada beberapa sekolah jadi acuan dasar yang layak kita Negerikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayah setempat dan perkembangan jumlah penduduk dan kebutuhan masyarakat di daerah setempat.

Tahun 2020
ada dua Sekolah Dasar (SD) yang Perubahan status nya jadi negeri

Pertama SD.Filial Sekapal Desa Kandungan Diresmikan Bupati Menjadi Sekolah Dasar Negeri 005 Sei Menggaris.

Kedua Sekolah Dasar Filial Kampung Telang Di Resmikan Bupati Menjadi Sekolah Negeri SD.007 Sebatik Barat.

Ketiga SMP Filial Kandungan dan Diresmikan Bupati Menjadi SMP Negeri 003 Sei Menggaris.

Sekolag Menegah Pertama (SMP Filial ) sekarang menjadi SMP Negeri 03 Semanggaris sebelum status ini berubah.

Dari Dinas Pendidikan sudah beberapa melakukan Kajian Uji Kelayakan bersama tim yang telah dibentuk oleh Dinas Pendidikan untuk Menguji baik dari segi Sarana Prasarana Pendukung dan juga jumlah stakeholder terkait di dalam lingkungan sekolah tersebut.

Menyangkut Sarana Prasarana yang ada diatas tidak berkaitan dengan dana, kedepan sebenarnya untuk SD Filial ini dia sudah berinclud datanya di sekolah induk sebenarnya namun beberapa tahapan perubahan ini yang mulai nanti ada tahun ini 2020 hanya yang kelas 1 saja yang nanti menyandang di SD Negeri Ini.

Sementara kelas 2 sampai kelas 6 yang ada di sekolah tersebut masih menginduk di sekolah induknya datanya dalam data Dapodik, kemungkinan ke depan ini kita upayakan sesuai dengan aturan yang ada pada kita akan memberikan mereka hak kewenangan nya ketika sudah keluar nomor induk sekolah nasionalnya.

Sekarang kita sedang upayakan nomor induk sekolah nasional nya supaya sekolah tersebut mendapatkan haknya, demikian juga di sarana prasarana sedang diupayakan supaya memenuhi syarat kelayakan yang merupakan hak sekolah tersebut terima sebagai statusnya negeri seperti sekolah lainnya.

Saat ditanya bagaimna dengan kepala sekolah dan tenaga pendidiknya?.

Menurut Hendri tenaga Pendidik yang di sekolah yang di negerikan untuk saat ini karena belum bisa diadakan pelantikan dari dinas pendidikan nanti akan menetapkan PLT kepala sekolah.

Sementara menunggu Adanya waktu peluang nanti adanya Pelantikan kepala sekolah yang baru, untuk sekarang ini pejabat Sementara untuk melaksanakan dari sekolah induk yang sudah ditunjuk dan secara kebetulan ada berapa dari sekolah filial ini ada juga salah satu guru yang sudah ditunjuk memang membina beberapa guru yang ada di sekolah tersebut selama ini.

Jurnalis apakah guru yang di sana bisa di perdayakan kembali setelah statusnya menjadi Sekolah Negeri?.

Hendri bahwa untuk tenaga Pendidik di sekolah tersebut awalnya memang tenaga honorer yang selama ini sudah mengajar di sekolah filial, tapi untuk sementara mereka tetap diperdayakan sebagai tenaga yang ada di sana untuk membantu Kepala Sekolah yang telah ditetapkan nanti sebagai pejabat atau (Kepala) sementara.

Sambil menunggu pengangkatan untuk berikutnya saat ini mereka masih tetap sebagai tenaga pengajar disana.

Saat ditanya Jurnalis mengenai Dapodiknya?

Menurut Hendri nanti setelah nomor nanti statistik untuk sekolah nasional nantinya punya Akun sendiri dalam aturan sekolah yang memiliki nomor satuan pendidikan nasional yang bisa nanti mendapat bantuan-bantuan secara nasional salah satunya yaitu Bos Rekening.

Saat ditanya kapan dimulainya sekolah Filial menjadi Sekolah Negeri.

Memurut Hendri tahun ini kita upayakan ini sudah berjalan karena sudah penyerahan SK sekalian peresmian Bulan Agustus 2020 oleh Pemerintah Daerah Melalui Bnupati nunukan.

Lanjud Hendri Kasi Kelembagaan bahwa kita hanya mengajukan Berkas berkas yang kemarin kita serahkan Setelah Discan lewat Dapodik dinas pendidikan melalui operator Dinas Pendidikan.

Setelah mendapat persetujuan dari Kementerian akan keluar nomor NSPN nya secara otomatis sekolah tersebut sudah memiliki dapodiknya dan dinas pendidikan akan membantu terus sampai sekolah tersebut bisa Mandiri.

Menurut Hendri bahwa kami sebagai pelaksana Dinas Pendidikan sangat berterima kasih atas bantuan dukungan kerjasama masyarakat baik itu camat, kepala UPTD yang ada di sana, mendukung terutama dalam pemberkasan DinasPendidikan melengkapi persyaratan menjadikan sebagai Sekolah Negeri.

Lanjud Hendri bahwa Kita punya impian bersama, kedepan sekolah Filial yang sudah diresmikan dan di Negerikan oleh Bupati nunukan, harapan kita agar sekolah tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat dan sekolah tersebut sudah menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan bersama menjaga sekolah dan memanfaatkan potensi yang ada secara Maksimal.

Dinas Pendidikan punya Harapan besar, ada beberapa sekolah yang sekarang ini masih status filial dan akan diadakan uji kelayakan, dan tahun 2020 Dinas Pendidikan juga mendirikan perubahan status “sekolah swasta Mandiri” sekarang ini mereka sudah berdapodik dan juga sudah mendapat bantuan langsung dari pemerintah di tahun 2020.ujar Hendri.S.Pd. (yuspal)

Bagikan:

Iklan