Dukcapil HSU Gelar Layanan Administrasi Dokumen Kependudukan Pasca Banjir Program Dukcapil Pro-Aktif

  • Whatsapp

AMUNTAI, infobanua.co.id – Melalui program “Dukcapil Pro-Aktif” jemput bola, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus menggelar layanan administrasi dokumen kependudukan. pasca banjir yang sempat melanda wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Seperti yang kali ini digelar di Desa Banyu Hirang Kecamantan Amuntai Selatan. Rabu (10/2/2021) Kegiatan ini tentunya disambut antusias warga masyarakat yang ingin membuat dokumen kependudukan baik dokumen kependudukan baru maupun penggantian dokumen kependudukan akibat terdampak banjir.

Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten HSU Hj. Ida Rimaliana, mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan baik sebelum banjir ataupun pasca banjir sesuai dengan program kerja dukcapil Kabupaten Hulu Sungai Utara.

“Tentu saja di masa Pendem covid -19 ini kita tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu memakai masker mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak antar Penduduk.” Kata Ida Rimaliana disela kegiatan.

Lebih lanjut, Kata Ida dalam kegiatan jemput bola pada hari ini Disdukcapil HSU dipimpin langsung dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dan Disdukcapil provinsi Kalimantan Selatan.

Hal ini sesuai dengan program kerja dirjen Dukcapil Kemendagri Republik Indonesia serta Disdukcapil provinsi Kalimantan Selatan dengan program tim dukcapil pro-aktif penggantian dokumen kependudukan pasca banjir Kalimantan Selatan 2021.

” Alhamdulillah kita telah melakukan pelayanan jemput bola penggantian dokumen kependudukan warga masyarakat kabupaten HSU yang terdampak banjir, hal ini bertujuan untuk memudahkan warga masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan akibat banjir yang sempat melanda Kabupaten HSU, semoga saja kegiatan dapat memudahkan masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan ” Imbuhnya

Sementara itu, Camat Amuntai Selatan Jumaidi, mengaku bersyukur dan berterimakasih atas program jemput bola yang dilaksanakan Dukcapil di kecamatan Amuntai Selatan.

Dirinya juga berterimakasih atas kunjungan dirjen dukcapil Kemendagri beserta rombongan Disdukcapil provinsi provinsi Kalsel khususnya ke Desa Banyu Hirang yang merupakan salah satu Ikon “Kampung Tangguh Banua” dikabupaten HSU

Seiring dengan itu, Kepala Desa Banyu Hirang Hiliyani, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas kegiatan yang ditujukan bagi warganya ini.

Kendati, banjir di wilayah Kabupaten HSU tidak sampai mengakibatkan dokumen kependudukan rusak seperti yang terjadi di beberapa Kabupaten lainnya. Ia menyebut adanya program jemput bola ini sangat di sambut antusias oleh warga nya, terutama pada pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA)

” Ya saat ini kita kebanjiran pembuatan KIA dari warga ” kata Kades Hiliyani

Dalam pelayanan tersebut Disdukcapil berhasil mencetak ditempat berupa: kartu keluarga sebanyak 44 KK, KTP elektronik 38 buah , kartu identitas anak ( kia ) 93, akta kelahiran 26 dan akta kematian 3

Adapun hadir dalam kesempatan tersebut kepala subdirektorat pengesahan anak Dirjen Dukcapil Kemendagri Republik Indonesia Sukirno beserta rombongan Disdukcapil provinsi provinsi Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh Rusdiansyah selaku kepala bidang kependudukan Kalsel. yangmana saat itu disambut hangat oleh Camat Amuntai Selatan bersama kepala Desa banyu hirang dan tokoh masyarakat setempat.

Fai/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *