infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Bawaslu HSU Persiapkan Langkah Strategis Dalam Pengawasan Jelang Pemilu 2024

Bawaslu HSU Persiapkan Langkah Strategis Dalam Pengawasan Jelang Pemilu 2024

Pengawas Kecamatan serta Desa Bawaslu HSU setempat. Sementara Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024 masih terus berlangsung.

TANJUNG, infobanua.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai mempersiapkan langkah-langkah strategis secara matang dalam pengawasan menjelang Pemilu 2024.

Langkah tersebut diantaranya Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) HSU yang melakukan Coklit dan diawasi secara melekat oleh Pengawas Kecamatan serta Desa Bawaslu HSU setempat. Sementara Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024 masih terus berlangsung.

Koordinator Divisi (Koordiv) Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu HSU, Emmy Najmiati mengatakan, hingga pekan ini pengawasan dilakukan secara melekat dalam memastikan kepatuhan prosedur Pantarlih untuk melakukan Coklit di lapangan.

“Sejak tanggal 12 Februari 2023, teman-teman KPU dan jajarannya melakukan Coklit ke seluruh daerah HSU. Untuk mendata siapa saja yang terdaftar dan yang belum terdaftar,” ucap Emmy, Senin (20/2/2023).

Lebih lanjut, Emmy juga menjelaskan fungsi dari pengawasan melekat dari petugas Pengawas Pemilu adalah untuk memastikan para pemilih mendapatkan hak terdaftar oleh petugas Pantarlih.

Selain pengawasan melekat tahap pertama dan tahap kedua pengawasan berbasis uji petik atau uji fakta Penelitian dan Pencocokan (Coklit) yang dilakukan petugas Pantarlih.

Hal itu dilakukan guna memastikan data di lapangan sesuai terjadi apa-adanya, Mengingat di tahun ini petugas Pengawas Pemilu tidak mendapatkan data pemilih.

“Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena tahun sebelumnya kita mendapatkan data dari kawan-kawan KPU sehingga dengan data itu kita lakukan analisa terlebih dahulu baru dilakukan oleh pengawasan,” jelasnya.

Meskipun tidak mendapatkan data pemilih, Emmy menyebut, pihaknya tetap melakukan pengawas motede melekat dan uji petik saat melalukan Coklit oleh petugas Pantarlih.

“Kita ke mana Pantarlih pergi , disitu kita ada (Pengawas Pemilu),” bebernya.

Fai

Bagikan:

Iklan