infobanua.co.id
Beranda TAPIN Profil Seniman Kalsel, Drs Sirajudin M.Ed jadi Caleg Partai Golkar Dapil 4 (Tapin, HSS dan HST) Nomor Urut 7

Profil Seniman Kalsel, Drs Sirajudin M.Ed jadi Caleg Partai Golkar Dapil 4 (Tapin, HSS dan HST) Nomor Urut 7

TAPIN- Masyarakat Kota Banjarmasin Sebagian besar mengenal sosok Drs Sirajudin M.Ed yang akrab disapa Dino Sirajudin. Pria enerjik dan murah senyum yang memiliki seabrek prestasi maju menjadi Caleg Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan Nomor Urut: 7 Dapil 4 yang meliputi wilayah Kabupaten Tapin, HSS dan HST.

Bukan tanpa sebab, Sirajuddin dipilih menjadi caleg Partai Golkar untuk bisa menjadi anggota DPRD Kalsel tahun 2024 ini. Pasalnya, pensiunan ASN dengan jabatan terakhir Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Prov. Kalsel. Kemudian memperpanjang sampai pensiun dalam Jabatan Fungsional Pamong Budaya Madya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel  ini memiliki kepedulian yang tinggi terhadap seni budaya dan music lagu-lagu Banjar.

Boleh dibilang, Dino—panggikan akrab pria kelahiran Banjarmasin tahun 1962 ini sangat tepat menjadi wakil rakyat di Gedung DPRD Kalsel.

Berikut, profil lengkap Drs. Sirajudin, M.Ed (Dino Sirajudin) yang mengenyam pendidikan terakhir di Master of Education International Management and Policy University of Birmingham United Kingdom.

Pria 61 tahun ini juga hobi bermain music, audio editing, photo editing, video editing, dan fotografi. Olahraga Tenis Meja, cakap Bahasa Inggeris, juga sebagai analisis pendidikan, kesenian dan kebudayaan

Pengalaman Organisasi Dino, PAPPRI Kalimantan Selatan, Kompaks (Komunitas Musisi, Penyanyi dan

Simpatisan Kalimantan Selatan), KNPI Kalimantan Selatan, Pemuda Pancamarga Kalimantan Selatan.

Pensiun sebagai ASN, Dino saat ini aktif menjadi educator dan motivator. Praktisi Musik (Musisi, Komposer, Arranger, Instruktur musik & vocal, Juri musik & vocal) dan juga seorang youtuber banua.

Berikut Riwayat Pekerjaan/Jabatan Dino:

  1. Kasubbag Tata Usaha, Balai Arkeologi Banjarbaru
  2. Kasi Pengembangan Sarana Kepariwisataan, Dinas

Kebudayaan dan Pariwisata Prop. Kalsel

  1. Kasi Koleksi dan Konservasi, Museum Lambung

Mangkurat Prop. Kalsel

  1. Kasi Pengkajian dan Analisa Pasar, Subdin Bina

Pemasaran, Disbudpar Prop. Kalsel

  1. Kasi Promosi Pariwisata, Subdin Bina Pemasaran,

Disbudpar Prov, Kalsel

  1. Kasubag Program pada Bagian Tata Usaha, Dinas

Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan

  1. Kabag Pendidikan, Kebuayaan, Pemuda dan Olahraga,

Biro Kesra, Setda Prov. Kalsel

  1. Kepala UPTD Taman Budaya Prov. Kalsel, Dinas

Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalsel

  1. Kepala UPTD BKOM, Dinas Kesehatan Prov. Kalsel
  2. Kepala Bidang Ideologi dan wawasan Kebangsaan,

Bakesbangpol Prov. Kalsel

  1. Jabatan Fungsional Pamong Budaya Madya

I Riwayat Pendidikan 1. SD Gelatik Banjarmasin

  1. SMPN 1 Teratai Banjarmasin
  2. SMAN 2 Banjarmasin
  3. S1 Fak. Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat
  4. S2 Master of Education, University of Birmingham, UK

 

Riwayat/Pengalaman Aktivitas Seni Musik Antara Lain,

  1. Kursus Gitar Klasik di Yayasan Musik Indonesia
  2. Mendalami musik Jazz dan Pop secara otodidak serta mengamati dan menganalisis seni music tradisi Banjar, Kalimantan Selatan.
  3. Instruktur musik dan vocal pada Kursus Musik Iddola Plus Band.
  4. Homeband di Rama Steak Corner, The Music Café Arjuna Plaza, Grand Pub Mitra Plaza, Barito Pub, Music Lounge Swiss-belhotel Banjarmasin.
  5. Juri musik dan vocal, antara lain Bintang Radio RRI, Talenta Banjar TVRI Banjarmasin,
  6. Bersama James F. Sundah dan Bens Leo menjadi juri pada acara Singing Contest Power Production

yang disponsori oleh PT. Musica Jakarta.

  1. Menggagas inovasi dan kreasi pergelaran kolaborasi musik tradisi Banjar dan modern pada tahun 1990-an yang bertujuan meningkatkan wawasan seniman musik tradisi Banjar serta meningkat apresiasi masyarakat terhadap lagu-lagu Banjar

10.Mendokumentasikan dan merekam 10 lagu-lagu Banjar yang diaransemen ulang dengan memadukan genre tradisi Banjar dengan modern menjadi sebuah album DVD dengan judul “Maragap Nang Anum”.

Garapan musik ini bertujuan memperluas penggemar lagu-lagu ke segmentasi anak-anak muda.

11.Membangun dan menjalin jaringan dengan tokohtokoh musik nasional dan internasional melalui kegiatan-kegiatan pertemuan langsung dan media sosial.

12.Mengikuti uji sertifikasi kompetensi dan berhasil lulus menjadi asesor musik yang sertifikatnya

dikeluarkan oleh BNSP. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh LSP Musik Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Parekraf RI.

 

Karya Lagu-lagu Dino antara lain, 1. Baras Kuning (Lagu Banjar) 2. Kita Badingsanak (Lagu Banjar) 3. Bulan Ramadhan (Lagu Banjar) 4. Muliakan anak Yatim 5. Jangan Simpan Cintamu 6. Cintaku Tak Bersuara 7. Kita Bersaudara 8. Terbangun Tidur (Mailan) 9. Ini lah Aku Kekasih hatimu 10.Kemelut Di Negeri Seberang (Lagu Pop Indonesia) 11.Wadai 41 banua (Lagu Banjar) 12.Sayang-Sayangan (Lagu Banjar) 13.Sampaikan Rinduku (Lagu Pop Indonesia) 14.Selamat Idul Fitri (Lagu Pop Indonesia) 15.Bintang Aksel Bank Kalsel. 16.Semangat Kalimantan Selatan (Lagu Pop Indonesia) 17.Keluh Tertutup Riang (Lagu Pop Indonesia)

Apa kesibukan Dino sekarang? Sebagai aktivitas bakti sosial kemasyarakatan, antara lain seperti bantuan untuk masyarakat terdampak banjir, anak-anak yatim, dan lain-lain. Membuat content YouTube dengan karya cipta lagulagu banjar Banjar, Pop Indonesia dan Barat.

Menjadi narasumber bidang Pendidikan, kesenian, kebudayaan, olahraga, Kesehatan dan sosial. Menjadi juri dan asesor bidang musik l (Lagu Pop Indonesia) Semangat Kalimantan Selatan (Lagu Pop Indonesia) dan Keluh Tertutup Riang (Lagu Pop Indonesia).

ang

Bagikan:

Iklan