infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Dinkes HSU Buka Layanan Vaksinasi Gratis Bagi Usia Produktif

Dinkes HSU Buka Layanan Vaksinasi Gratis Bagi Usia Produktif

Amuntai, infobanua.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara membuka layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat umum berusia produktif. Layanan vaksinasi dapat diakses di seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di wilayah HSU. Salah satu yang melaksanakan vaksinasi gratis ini adalah UPT Puskesmas Haur Gading. Kamis (15/7/2021)

 

Kepala UPT Puskesmas Haur Gading, Dr. Yenny Kusuma Dewi mengungkapkan, untuk UPT Puskesmas Haur gading menjadwalkan vaksinasi setiap hari Kamis dan Hari Sabtu dari jam 08.30 – 12.00 wita, yang mana dihari tersebut dirinya menargetkan maksimal sebanyak 140 masyarakat akan menerima vaksin.

 

“Untuk dari kami setiap kegiatan vaksinasi maksimal 140 orang yang menerima vaksin, hari ini dosis 1 ada 90 orang dapat menerima vaksin yang mana vaksin ini dari TNI, sementara untuk vaksin dosis 2 hanya 1 vial, karena memang seperti yang kita ketahui saat ini vaksin langka, tapi alhamdulillah UPT Puskesmas haur gading mendapatkan bantuan dari TNI untuk ketersediaan vaksin,” ucapnya.

 

Ia menambahkan, alasan hanya 140 orang yang bisa menerima vaksin disetiap kegiatannya sesuai dengan kemampuan dari tenaga kesehatan agar tidak kelelahan dan tetap terjaga daya tahan tubuh yang kuat serta untuk menghindari kerumunan yang terlalu banyak.

 

“Untuk kegiatan ini tim intinya adalah dari puskesmas kita sendiri, namun untuk hari ini juga dibantu dari TNI dalam hal pendataan atau pencatatan, serta dari Polri untuk pengamanan dan pengawasan,” ungkap Yenny.

 

Ia juga mengajak kepada masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi dapat mendatangi langsung atau menghubungi koordinator UPT Puskesmas Haur Gading yang sudah disosialisasikan melalui spanduk-spanduk serta baliho yang sudah disebar dibeberapa titik.

 

“Sampai sejauh ini sebanyak 700-800 orang dalam minggu ini yang terdata melalui daftar tunggu penerima vaksin di UPT Puskesmas Haur Gading,” imbuhnya.

 

Ia mengakui untuk UPT Puskesmas Gading ketersediaan vaksin sempat kosong, namun minggu ini dapat kembali dilaksanakan dengan adanya bantuan vaksin dari TNI.

 

“Mari semua warga Haur gading khususnya HSU untuk bervaksin, vaksin itu adalah kebutuhan kita tidak cuma sebagai syarat administrasi tetapi adalah bentuk ikhtiar kita, menjaga kesehatan kita untuk memutus mata rantai penularan covid-19,” harap Yenny.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan