infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Peringati Hari Gizi Nasional, Persagi HSU Berikan Penyuluhan Gizi di SMAN 1 Amuntai

Peringati Hari Gizi Nasional, Persagi HSU Berikan Penyuluhan Gizi di SMAN 1 Amuntai

AMUNTAI, infobanua.co.id – Pengurus Daerah Persatuan Ahli Gizi Nasional (Persagi) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, menggelar serangkaian acara untuk mengedukasi dan melakukan kampanye gizi goes to school
di SMAN 1 Amuntai, Rabu (25/1/2023) Kemarin.

Ratusan siswa/siswi dan tenaga pendidik SMAN 1 Amuntai tampak antusias mengikuti rangkaian materi yang disampaikan oleh para promotor gizi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU, Hermani Johan mengatakan, pengetahuan pemenuhan dan nutrisi seimbang sangat diperlukan dalam panduan gizi sehat seimbang bernama Isi Piringku.

Johan menyebut, pembahasan protein hewani layaknya susu, aneka ikan, telur, dan daging-dagingan menjadi pokok utama sebagai langkah penurunan risiko stunting atau kekurangan gizi kronis.

“Konsumsi pangan berasal dari protein hewani dari satu jenis itu lebih menguntungkan dari pada konsumsi pangan berasal dari hewan tumbuhan,” ucap Johan.

Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia pada tahun 2019, Indonesia menunjukkan konsumsi pangan telur, susu, daging dan lainnya termasuk yang terendah.

Selain itu, Johan juga menyebut bahwa stunting adalah permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan dalam rentang yang cukup waktu lama, umumnya hal ini karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Hal itu ditandai dengan seperti pertumbuhan terhambat dan perkembangan otak yang tidak maksimal.

“Sejak tahun 2018, Kabupaten HSU termasuk 100 lokasi khusus (Lokus) penanganan pencegahan stunting,” pungkasnya.

Selain melakukan Edukasi, Persagi HSU juga melakukan kampanye makan telur sebagai salah satu sumber protein hewani dan pemberian obat penambah darah.

Bagikan:

Iklan