infobanua.co.id
Beranda TAPIN Peresmian Overpass Barawa di Desa Beramban oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan

Peresmian Overpass Barawa di Desa Beramban oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan

Bupati Tapin HM Arifin Arpan secara resmi membuka Overpass Barawa berlokasi di Desa Beramban Kecamatan Piani Kabupaten Tapin. Kamis (8/6/2023).

Rantau, infobanua.co.id – Bupati Tapin HM Arifin Arpan secara resmi membuka Overpass Barawa berlokasi di Desa Beramban Kecamatan Piani Kabupaten Tapin. Kamis (8/6/2023). Peresmian Opervass Barawa ditandai dengan penandatangan Prasasti dibatu putih besar oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan pengguntingan pita melati di Opervass Barawa secara bersama sama sama.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, Overpass Barawa dibangun oleh PT Antang Gunung Meratus sangat luar biasa, ini menjadi kebanggaan bagi kita semua khususnya bagi Pemerintah Kabupaten Tapin.

“Karena adanya jalan khusus untuk kepentingan semua lapisan masyarakat, tidak hanya warga piani dan beramban saja juga mendukung objek wisata di kaki gunung meratus,“ ucap Bupati Tapin.

Dikatakan Bupati adanya bangunan overpass ini, warga masyarakat tidak lagi terganggu adanya lalu Lalang angkutan batu bara, sehingga mempermudah dan mempercepat bagi masyarakat baik untuk menganggut hasil bumi, anak-anak kesekolah maupun warga yang beraktivitas memanfaatkan jalan ini.

Pada kesempatan itu pula Bupati berpesan keberadaan opervass Barawa ini agar dijaga dan dirawat bersama-sama jangan dirusak dan corat coret oleh tangan yang teak bertanggungjawab, karena kalau sudah berdiri tentunya tanggung jawab kita untuk memeliharanya, karena bangunan ini menelan biaya besar, sementara Pemkab tidak bisa membangun sebesar itu.

“Saya ingatkan bahwa keberadaan opervass Barawa harus dipelihara dan dijaga dengan sebaik-baiknya,“ pesan Bupati.

Mudah-mudahan keberadaan opervass Barawa bermanfaat bagi masyarakat Tapin dan luar tapin semoga keberadaan PT AGM di Kabupaten Tapin ini kedepanya semakin berkembang dan sukses dan membantu dampak kemajuan bagi masyarakat Kabupaten Tapin.

Manajemen Baramulti Group Yayan Suryana mengatakan, bangunan opervass yang diberi nama Opervass Barawa dibangun mulai pada 7 Juni 2022 dan selesai bulan Juni 2023. Untuk spesifikasi bangunan panjang opervass 239 meter dengan lebar jalan 9 meter.

“Lamanya pembangunan dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk membangun Opervass ini, akan sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat Tapin pada umumnya dan masyarakat Piani pada khsusunya,“ ujarnya.

Adanya overpass tentunya mendukung kelancaran konetivitas dan akses ini akan membuat mobilitas barang, mobilitas jasa dan mobilitas manusia akan semakin efesien, dengan demikian daya saing semakin meningkat, pertumbuhan ekonomi dan mendukung perkembangan ekosistem pariwisata di Kec piani Kabupaten Tapin.

“Mudah-mudahan keberaaan Opervass Barawa memiliki nilai tambah, terintegrasi dengan kawasan pertanian, kawasan perkebunan dan kawasan pariwisata, sehingga betul betul memberikan daya ungkit kepada produktivitas daya saing dan muncul sentra-sentra ekonomi pertumbuhan baru yang tentunya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,“ harapnya.

Sementara Pantia Pelaksana Peresmian Nanang Jayanto melaporkan, harapnnya keberadana jalan yang lebar 9 meter sudah mengakomodir jalan yang ada, kalau nantinya jalan dilebarkan oleh pemerintah Kab Tapin tentunya masih ada sisihkan jalan kiri dan kanan jalan dengan total lebar jalan 12 meter.

Selanjutnya sebagaimana permintaan Bupati bahwa di areal opervass ini akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan tempat parkir. Dengan harapan pertumbuhan ekonomi bergerak, karena orang banyak datang kesini untuk berwisata.

Peresmian ini juga selain menggunting pita juga dilakukan penanaman pohon penghijauan secara bersama- sama di bawah opervass barawa. Turut hadir pada persemian, Ketua DPRD Tapin H Yamani, Kapolres Tapin AKBP Sugeng, Kajari Tapin Adi Fakhrudin, Ketua PN Rantau, Ketua PN Agama Rantau, Perwakilan SOPD Lingkup Tapin dan Kepala Desa Beramban, Kepala Desa Miawa dan Jajaran Manajemen PT AGM.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan